Di Tengah Pandemi, Maulid Diharapkan Membawa Manfaat

Di Tengah Pandemi, Maulid Diharapkan Membawa Manfaat 1
Di Tengah Pandemi, Maulid Diharapkan Membawa Manfaat 4
TERAS7.COM – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan semakin memberi manfaat di tengah situasi pandemi. Demikian diungkapkan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS saat menghadiri Peringatan Maulid 1442 Hijriyah di Gedung Serba Guna Kecamatan Anjir Pasar.
“Meski dalam situasi pandemi, sepanjang tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) saya yakin peringatan maulid ini akan membawa dampak kebaikan,” tuturnya.
Noormiliyani menyatakan, banyak cara yang bisa dilakukan dalam merayakan kelahiran junjungan tercinta, Nabi Muhammad SAW.
Di Tengah Pandemi, Maulid Diharapkan Membawa Manfaat 5
“Kita bersyukur pagi ini dapat memperingati hari lahir manusia paling sempurna dan paling mulia di sisi Allah SWT yaitu Rasulullah SAW,” tambahnya.
Ia menyatakan, agar peringatan memberi manfaat hendaknya kegiatan yang digelar tidak sekadar rutinitas dan serimonial, namun pesan dan patuah yang disampaikan harus dipetik dan dihayati.
“Jadikan sikap dan perilaku Rasulullah sebagai contoh teuladan dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ucapnya.
Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengaku senang melalui Peringatan Maulid bisa berjumpa warga karena sudah hampir 7 bulan tidak bertemu lantaran fokus dalam penanganan Covid-19.
Bupati wanita pertama di Kalsel itu menceritakan perkembangan penanganan Covid-19  di Batola yang cukup membawa keberhasilan dengan tingkat kesembuhan hingga di atas 95 persen. Sekali pun belakangan ini menurun menjadi 91,07 persen akibat tracking yang dilakukan terhadap para petugas PPK dan KPPS di 17 kecamatan.
“Pemeriksaan terhadap para petugas PPK dan KPPS itu kami lakukan bekerjasama dengan KPU untuk mencegah hal-hal yang tak kita kehendaki bersama,” ungkapnya.
Untuk itu, kepada seluruh masyarakat, Noormiliyani berpesan, agar terus melakukan kewaspadaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan harapan bisa menghilangkan penyebaran Covid-19 supaya Batola bisa melaksanakan kembali kegiatan belajar secara tatap muka.
Di Tengah Pandemi, Maulid Diharapkan Membawa Manfaat 6
Ia menilai, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka jauh lebih efektif. Lebih-lebih tidak semua masyarakat mampu mengikuti lantaran keterbatasan ekonomi maupun kecakapan mengakses dan menggunakan internet. Walau pun pemerintah telah memberikan gratis kouta.
“Makanya di Batola saya memberi kebijakan kepada beberapa sekolah dengan memperbolehkan menghimpun para siswa tidak mampu untuk belajar secara tatap muka secara bergilir dengan batasan waktu yang telah ditentukan,” paparnya.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Kecamatan Anjir Pasar yang juga dihadiri anggota DPRD Batola Dapil 4 Hj Sri Wahyuningsih, Camat Anjir Pasar M Husaini dan isteri, Kabag Kesra Setda Batola H Muzakir, para anggota forkopimcam, mantan Kepala Dinas PMD Dahlan, para kades, tokoh agama, tokoh masyarakat, para anggota BPD, dan berbagai lapisan masyarakat itu menghadirkan penceramah Ustadz Hilmi Kaspul Anwar dari Kecamatan Belawang.

M. Amin MMG
Reporter - Berpengalaman di dunia jurnalistik, juga berkiprah di dunia sastra, setidaknya ada dua buku sastra yang telah ia terbitkan, berpuisi dan teater menjadi salah satu denyut dan nafas aktualisasi dirinya.