Gelar Harganas Ditengah Pandemi, Kepala DP2KBP3A Banjar Sebut Capaian Layanan KB Terlampaui

Gelar Harganas Ditengah Pandemi, Kepala DP2KBP3A Banjar Sebut Capaian Layanan KB Terlampaui 1

TERAS7.COM – Pemkab Banjar menggelar Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 27 Tahun 2020 dan pelayanan KB serentak sejuta akseptor di halaman Mahligai Sultan Adam Martapura pada Senin (29/6).

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Melalui keluarga kita wujudkan sumber daya manusia unggul menuju Indonesia Maju” ini, Bupati Banjar H. Khalilurrahman mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional Ke 27 Tahun 2020.

“Kita berharap momentum Harganas ini dapat membawa semangat baru dalam membentuk keluarga berkualitas dan mewujudkan SDM unggul Indonesia Maju serta Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah,” ujar pria yang akrab disapa Guru Khalil ini.

Peringatan Harganas tahun ini lanjutnya dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 yang saat ini melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia khususnya Kabupaten Banjar.

“Namun semuanya harus memberikan manfaat langsung kepada keluarga dan masyarakat. Salah satunya melalui pelayanan KB sejuta akseptor serta pelayanan Jemput Bola program Bangga Kencana kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banjar dengan memperhatikan protokol kesehatan,” sebut Guru Khalil.

Sementara itu Kepala DP2KBP3A Kabupaten Banjar, Hj. Siti Hamidah mengatakan pelaksanaan peringatan Harganas dilaksanakan diseluruh Indonesia secara sederhana karena pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini ditandai dengan pemecahan Rekor Muri, yaitu sejuta akseptor yang dilayani pada hari ini serentak di seluruh Indonesia. Untuk Kabupaten Banjar target untuk IUD dan Implan 114, suntik 313, kondom 6.068, jadi targetnya 6.495,” ujarnya.

Sementara realisasi pelayanan KB serentak sejuta akseptor hingga saat ini adalah IUD 19, Implan 226, Suntik 347 dan kondom 6.800.

“Jadi yang sudah terlayani 7.392. atau sekitar 113,81 %. Jumlah ini sudah melampaui dari target yang sudah diberikan oleh Provinsi,” ungkap Hamidah.

Dalam kesempatan yang sama juga diadakan penyerahan oleh Bupati Banjar, yaitu penyerahan piagam penghargaan juara 1 pemilihan PLKB Non PNS terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020 kepada Firiani, penyerahan piagam penghargaan juara 3 pemilihan kader Institusi masyarakat pedesaan terbaik Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020 kepada Lilis setiawati, serta penyerahan sembako kepada akseptor yang terdampak Covid-19.

Rizki Saputera
Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)