Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan “Asli Orang Balangan”

Figur seorang pemimpin yang bisa menjaga akhlak, adab, sopan santun dan ikhlas
Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan "Asli Orang Balangan" 1
Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan "Asli Orang Balangan" 4

TERAS7.COM – Kabupaten Balangan, 9 Desember 2020, bakal melaksanakan puncak perhelatan pilkada yang akan menentukan pemimpin daerah.

Ada baiknya masyarakat bisa mengenal dengan baik, sosok calon pemimpinnya, agar Kabupaten Balangan memiliki pemimpin yang benar benar memahami seluk beluk Kabupaten Balangan secara komprehensif.

Inilah sosok Calon Bupati Balangan, dengan nomor urut 1,  H Abdul Hadi Asli Putra Daerah yang kini tengah ikut serta dalam perebutan kursi orang nomor 1 di Kabupaten Balangan.

Abdul Hadi dilahirkan di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan tepatnya pada 3 Juni 1971, 49 tahun silam.

Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan "Asli Orang Balangan" 5

Pasangan Calon (Paslon) H Abdul Hadi – H Supiani yang maju pada Pilkada Balangan 2020, selain mengusung jargon Harmonis Amanah Sederhana (HAS), juga menyisipkan slogan “Asli Orang Balangan” dan “Menuju Perubahan”.

Wajar saja jika H Abdul Hadi memakai slogan “Asli Orang Balangan”, di ketahui jika orang tua dari ibunya, neneknya asli Juai dan kakek asli dari lampihong sedangkan orang tua dari sang ayah, neneknya asli Kapul dan kakek asli Mantuyan (Halong).

Ibu Calon Bupati Kabupaten Balangan juga diketahui dulunya berprofesi sebagai pedagang dan ayahnya seorang PNS di Kementerian Agama.

Kini H Abdul Hadi memperistri Hj Sri Huriyati yang saat ini duduk di Bangku DPRD Balangan dan dikaruniai tiga orang buah hati.

Anak pertama diberi nama Harry Khairil Hadi yang masih berstatus Mahasiswa, sedangkan anak kedua bernama Amara Khairunnisa juga masih berstatus Mahasiswi dan di bungsu Medina Annisa Trihadira yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Abdul Hadi dibesarkan di tempat asal kelahirannya Desa Kapul hingga ia menginjak usia 12 tahun, kala itu, ia sudah menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar.

Setelah menyelesaikan di SDN Pancasila Halong, barulah ia bersama keluarga berpindah tempat tinggal yang beralamat di Komplek SKB Nomor 7 Kelurahan Paringin Timur Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, hingga sekarang.

Abdul Hadi menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) pada tahun 1982, berlanjut ke Bangku Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Amuntai, lulus pada tahun 1987, lalu ia melanjutkan ke Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Amuntai lulus di tahun 1990.

Sedangkan untuk Perguruan tingginya ia memilih Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin, ia menyelesaikan S1 pada tahun 1996 dan untuk S2 Abdul Hadi memilih Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin (MAAB) Banjarmasin di tahun 2010 dan selesai di tahun 2012.

Beliau dikenal sebagai sosok yang santun, bersahaja, taat terhadap orang tua serta berjiwa sosial tinggi di kalangan teman dan kerabatnya.

Hal itulah, yang mendorongnya maju di kontestasi perebutan kursi orang nomor 1 di Kabupaten Balangan bersama H Supiani.

Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan "Asli Orang Balangan" 6
Paslon nomor urut 1 ini dikenal peduli dunia olahraga Kabupaten Balangan

Pasangan yang mengusung jargon Menuju Perubahan ini, bertekad membawa perubahan di Bumi Sanggam, sehingga kemajuannya bisa dirasakan oleh masyarakat Bumi Sanggam dan mampu sejajar dengan Kabupaten lain di Kalimantan selatan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sebelum dirinya aktif di kancah perpolitikan Balangan, terlebih dahulu ia berprofesi sebagai kontraktor, barulah pada tahun 2014 maju di kancah politik.

Seperti sudah ditakdirkan untuk membangun Balangan lewat jalur politik, ia berhasil menduduki bangku Ketua DPRD Balangan untuk periode 2014/2019, berlanjut ke periode 2019/2024 ia duduk di bangku Wakil Ketua DPRD.

Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan "Asli Orang Balangan" 7
H Abdul Hadi sosok yang sangat merakyat

Semasa kepemimpinannya di DPRD ia berhasil menciptakan komunikasi yang baik dan harmonis sehingga banyak pekerjaan lembaga DPRD yang tercapai sesuai target, khususnya penyelesaian perda dan sinergi dengan Forkopimda Balangan.

Tentunya dengan pengalamannya yang sudah terbukti dan teruji, harapan ingin membawa perubahan bagi Kabupaten Balangan sendiri bukanlah suatu hal yang tidak mungkin.

Apalagi mengingat ia, merupakan sosok Putra Daerah tentunya sudah paham betul seluk beluk Kabupaten Balangan sendiri.

Seperti yang diungkapkan Habib Zacky Alaydrus, dengan sikap dan sifat yang dimiliki oleh H Abdul Hadi,  adalah sosok yang dinantikan masyarakat Balangan, yang mengidamkan Bupati asli Putra Daerah yang memiliki perangai baik, santun seperti H Abdul Hadi.

Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan "Asli Orang Balangan" 8
figur seorang pemimpin yang bisa menjaga akhlak, adab, sopan santun kepada semua orang

H Abdul Hadi tegasnya, adalah orang yang memiliki kepribadian yang sangat santun dan selalu mengedepankan akhlak kepada siapapun, serta ikhlas dalam membantu orang yang ada di sekitarnya.

“Ulun berharap Balangan akan memiliki figur seorang pemimpin yang bisa menjaga akhlak, adab, sopan santun dan ikhlas dalam memperjuangkan hak hak masyarakat Balangan,” tutur Habib Zacky Alaydrus.

Abdul Hadi, Calon Bupati Balangan "Asli Orang Balangan" 9