KPU Balangan Gelar Simulasi

KPU Balangan Gelar Simulasi 1
KPU Balangan Gelar Simulasi 4

TERAS7.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara serta penggunaan aplikasi Sistem Rekapitulasi Secara Elektronik (Sirekap) pada Pilkada serentak tahun 2020, di Halaman Kantor Bupati Balangan Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan Sabtu (21/11/2020).

Ketua KPU Balangan Saripani mengatakan, Ada sekitar 150 kabupaten kota yang melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara serta penggunaan aplikasi Sirekap, serentak secara nasional termasuk di Kabupaten Balangan pada hari ini.

“Pilkada ini merupakan sisi yang terjadi setiap 5 tahun sekali tapi pada tahun ini ada hal yang berbeda yang kita alami yaitu adanya penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 hingga penerapan dalam hal pelaksanaan Pemilihan di TPS,”tuturnya.

KPU Balangan Gelar Simulasi 6

Untuk itu tambah Saripani, hal utama yang diterapkan dalam mencegah penularan Covid-19, dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu di Pilkada 2020 akan menggunakan yang namanya aplikasi Sistem Rekapitulasi Secara Elektronik (Sirekap) yaitu aplikasi digital dalam penghitungan suara dalam Pemilihan Serentak 2020.

“Mudah-mudahan kegiatan Pilkada serentak 2020 berjalan dengan aman lancar sukses dan bisa mendapatkan pemimpin yang kita harapkan bersama,”harapnya Saripani.

Semantara itu, Asisten III Administrasi Umum, Sekertariat Daerah Pemkab Balangan
Hasmiati menuturkan, melalui simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara serta penggunaan aplikasi Sirekap ini bisa diterapkan dengan baik dan sesuai yang kita harapkan.

KPU Balangan Gelar Simulasi 8

KPU Balangan Gelar Simulasi 9

Selain itu ia juga menghimbau, kepada masyarakat agar bersama-sama mengsukseskan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Balangan, dan melakukan penerapan protokol Kesehatan Covid-19.

“Mari sukseskan pilkada yang damai aman dan lancar serta utamakan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19,”pungkasnya.