Dinsos Kabupaten Banjar Kembali Dapat Bantuan Dapur Umum Kemensos RI

Dinsos Kabupaten Banjar Kembali Dapat Bantuan Dapur Umum Kemensos RI 1
Dinsos Kabupaten Banjar Kembali Dapat Bantuan Dapur Umum Kemensos RI 4

TERAS7.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banjar kembali akan mendapat bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) berupa dapur umum mini dalam bentuk kendaraan.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Banjar, Nur Safiullah pada Selasa (13/10) mengungkapkan bantuan tersebut berupa kendaraan roda tiga yang dimodifikasi menjadi dapur umum.

“Bantuan itu berupa satu unit mobil roda tiga yang akan diperuntukkan sebagai dapur umum mini,” ucapnya.

Safiullah mengatakan bantuan tersebut kini tengah disiapkan oleh Kemensos RI dan pihaknya tinggal mengambil langsung bantuan ke Jakarta.

Dinsos Kabupaten Banjar Kembali Dapat Bantuan Dapur Umum Kemensos RI 5

“Sebelumnya Dinsos Banjar juga telah menerima satu unit bus dapur umum. akan tetapi ukurannya besar dan sering menyulitkan saat ada bencana di daerah yang akses jalannya sempit,” ungkapnya.

Dengan adanya dapur umum mini tersebut akan memudahkan penyaluran bantuan ke daerah bencana yang sulit dijangkau bus dapur umum yang sudah ada.

“Dapur umum mini yang akan datang itu beroda tiga dan sudah dimodifikasi sehingga tidak jauh beda dengan fasilitas bus dapur umum,” pungkasnya.

Dikutip dari website Pusat penyuluhan sosial (puspensos) Kemensos RI, bantuan berupa Dapur Umum tersebut disalurkan pada daerah dan dioperasikan oleh anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mendukung pemenuhan kebutuhan makanan siap saji bagi masyarakat terdampak Korban Bencana.

Dapur umum ini sengaja disiapkan karena Indonesia merupakan daerah rawan bencana dan kerap kali terjadi bencana yang melanda seperti banjir, kebakaran, gempa, gunung meletus, longsor, kecelakaan di sungai, daerah terisolir, kerusakan akibat tambang.

Karena itu Dapur Umum memiliki fungsi vital dalam membantu penanggulangan bencana, seperti dalam pemenuhan kebutuhan logistik, utamanya makan untuk para korban dan petugas.

Dapur umum untuk penanggulangan bencana alam yang biasanya dari tenda peleton, rumah/posko yang dijadikan dapur atau bisa pula berupa mobil lapangan yang disiapkan Kemensos sebagai dapur umum Rescue yang selalu siap digunakan saat terjadi Bencana Alam maupun Bencana Sosial.

Dinsos Kabupaten Banjar Kembali Dapat Bantuan Dapur Umum Kemensos RI 6
Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)