Kabar Untuk Gamers, eSports Di Kabupaten Banjar Kini Punya Wadah

Kabar Untuk Gamers, eSports Di Kabupaten Banjar Kini Punya Wadah 1
ilustrasi eSports. Foto : Pixabay
Kabar Untuk Gamers, eSports Di Kabupaten Banjar Kini Punya Wadah 4

TERAS7.COM – Setelah berhasil masuk menjadi cabang olahraga (cabor) pada Asian Games 2018, kini eSports menjadi salah satu cabang olahraga prestasi yang diakui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi.

Penetapan ini dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus 2020 dan menandakan eSports kini sudah dapat dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Di Indonesia sendiri, cabang olahraga prestasi para Gamers di Indonesia ini dinaungi oleh PB eSports Indonesia yang belum lama berdiri pada Januari 2020 yang lalu setelah pengurus Pengurus Besar Esports (PB Esports) periode 2020 – 2024 dilantik.

Ketua Umum PB Esports sendiri dipimpin oleh Jendral Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan yang saat ini menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Kabar Untuk Gamers, eSports Di Kabupaten Banjar Kini Punya Wadah 5

Di Kabupaten Banjar sendiri sudah dilakukan pembentukan draft untuk kepengurusan cabang olahraga eSports Indonesia periode 2020 – 2024 di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar pada Minggu (4/10).

Plt Kabid Olahraga Fahrudi Sahbirin mengatakan pemerintah yang menaungi kegiatan keolahragaan menyambut baik adanya wadah berupa cabang olahraga eSports untuk para gamer.

Kabar Untuk Gamers, eSports Di Kabupaten Banjar Kini Punya Wadah 6

“Mudah-mudahan kiprahnya tidak hanya di Kabupaten Banjar juga bisa hingga mencapai nasional. Hari ini pembentukan draf untuk pengurus dan setelah selesai pembentukan ini, maka akan disahkan oleh eSports provinsi dan selanjutnya akan dilakukan pelantikan,” katanya.

Sementara itu Pembina cabang olahraga eSports Kabupaten Banjar, dr Diauddin mengatakan pihaknya memiliki keinginan untuk memajukan cabang olahraga eSports ini nantinya.

“Kita ingin memajukan cabang olahraga prestasi ini, bukan hanya di kabupaten Banjar, tetapi agar adik-adik kita bisa berjaya di tingkat nasional bahkan internasional,” terangnya.

Dengan adanya wadah ini, Diauddin berharap penggemar game di Kabupaten Banjar bisa difasilitasi dan dibina dengan baik.

“Untuk di Kabupaten Banjar sendiri, mudah-mudahan dengan adanya wadah ini, anak-anak yang suka main game itu bisa kita fasilitasi dan bisa kita bina. Selain main gamenya profesional juga tidak mengganggu kegiatan seperti sekolah istirahat dan belajar,” tambah Diauddin.

Game yang masuk kedalam eSports sendiri kata Kadinkes Banjar ini ternyata tidak hanya game online saja, tetapi juga ada beberapa game offline yang masuk dalam cabang eSports.

“Game yang masuk esport tidak hanya yang online seperti PUBG, Mobile Legends, tetapi game yang online juga masuk. Tidak hanya game yang untuk android, juga game game yang digunakan PC maupun PS,” ungkap Diauddin.

Kabar Untuk Gamers, eSports Di Kabupaten Banjar Kini Punya Wadah 7
Rizki Saputera
Jurnalis - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)