Pembagian Daging Qurban Di PCNU Banjar Terapkan Protokol Kesehatan

Pembagian Daging Qurban Di PCNU Banjar Terapkan Protokol Kesehatan 1

TERAS7.COM – Di Hari Tasyrik yang pertama pasca Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah pada Sabtu (1/8) dimanfaatkan banyak pihak untuk melaksanakan ibadah qurban.

Salah satunya adalah Ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Banjar yang menggelar pemotongan hewan qurban di halaman Gedung Sekretariat Pengurus Cabang NU (PCNU) Kabupaten Banjar, Martapura.

Sebanyak 7 ekor sapi disembelih oleh panitia qurban dari PCNU Kabupaten Banjar, salah satunya adalah sumbangan dari Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Panitia qurban PCNU Kabupaten Banjar, Bahauddin pada awak media.

Pembagian Daging Qurban Di PCNU Banjar Terapkan Protokol Kesehatan 4
Bahauddin, Ketua Panitia Pemotongan Hewan Qurban PCNU Kabupaten Banjar.

“Tapi tahun ini jumlah sapi yang disembelih untuk qurban berkurang dari tahun kemarin karena wabah Covid-19 ini,” katanya.

Usai memotong daging sapi dan membagi-baginya dalam ribuan kantong, daging qurban ini akan disalurkan pada masyarakat.

“Untuk pembagian sendiri salah satunya kita bagikan dengan kupon, Yang mengambil daging qurban kita wajibkan memakai masker dan menjaga jarak, begitu pula dengan panitia qurban. Sebagian daging qurban juga nantinya akan didistribusikan melalui kader kita, misalnya melalui MWC NU yang ada di kecamatan sebagai koordinator di daerah masing-masing,” bebernya.

Pembagian Daging Qurban Di PCNU Banjar Terapkan Protokol Kesehatan 5

Sekitar jam 2 siang, masyarakat yang menerima kupon sudah mulai berdatangan untuk mengambil daging qurban dari Ormas terbesar di Kabupaten Banjar ini.

Oleh panitia qurban, masyarakat diminta berbaris sambil menjaga jarak saat mengantri mengambil daging qurban.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banjar, HM. Aidil Basith yang kebetulan hadir memantau pelaksanaan pembagian daging qurban ini mengatakan Gugus Tugas sudah menyampaikan kewajiban menerapkan protokol kesehatan ini jauh-jauh hari.

“Kita dari Gugus Tugas sudah menyampaikan kewajiban menerapkan protokol kesehatan ini pada masyarakat seperti memakai masker dan menjaga jarak. Hal ini sudah kami sampaikan baik pada pengurus masjid ataupun pihak lainnya yang melaksanakan pemotongan qurban,” katanya.

Pembagian Daging Qurban Di PCNU Banjar Terapkan Protokol Kesehatan 6
HM. Aidil Basith, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Banjar.

Diskominfo Banjar di Gugus Tugas sendiri kata HM. Aidil Basith sudah menjalankan tugas untuk menyampaikan informasi ini pada masyarakat.

Tak hanya memantau, mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar ini juga ikut serta menyumbang sapi qurban melalui PCNU Kabupaten Banjar.

“Saya sendiri yang merupakan salah satu yang ikut berqurban disini, jadi saya juga turut serta membagikan daging qurban pada masyarakat,” bebernya.

Rizki Saputera
Reporter - Seorang lelaki yang mencintai sejarah, hobi membaca dan menulis, menceritakan peristiwa yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah cita citanya.Martapura adalah sebuah tempat tumbuh kembang, traveling menjadi sebuah tujuan.JAS MERAH (Jangan sekali kali Melupakan Sejarah)