MRI Balangan Gelar Orientasi Relawan Sa Banua Enam

MRI Balangan Gelar Orientasi Relawan Sa Banua Enam 1
MRI Balangan Gelar Orientasi Relawan Sa Banua Enam 4

TERAS7.COM – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Balangan gelar Orentasi Relawan MRI Kalimantan Selatan, 14-15 November 2020.

Kegiatan Orientasi dilaksanakan, di Danau Tabukan, Desa Panaitan Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, selama dua hari yang di mulai pada Sabtu lalu, dengan diikuti peserta dari enam kabupaten, seperti dari Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulus Sungai Utara, Tapin dan Balangan.

Ketua MRI Kabupaten Balangan Nurul Yaqin mengatakan bahwa, Orientasi Relawan yang kali kedua dilakukan ini, merupakan perekrutan relawan baru, serta memberi pemahaman dan kemampuan tentang kerelawanan.

” Masing masing kabupaten mengirimkan 10 orang dari enam kabupaten yang mengikuti orientasim. Nantinya mereka, akan di bekali kemampuan dan keahlian dalam kerelawanan,” tutur Nurul Yaqin kepada jurnalis teras7.com Minggu (15/11/20).

MRI Balangan Gelar Orientasi Relawan Sa Banua Enam 7

Dalam orientasi kemanusiaan yang digelar kali kedua ini, Sambung Nurul Yaqin, lebih kepada implementasi dilapangkan langsung guna memberikan kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh para relawan.

Kegiatan orientasi relawan baru ini juga dilakukan dengan mengikuti penerapkan protokol Kesehatan Covid-19 seperti penggunaan masker mencuci tangan dan lain sebagainya.

MRI Balangan Gelar Orientasi Relawan Sa Banua Enam 8

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Umum MRI Wilayah Kalimantan Selatan, Zainal Arifin, mengatakan, sebelum nantinya relawan baru terjun lebih dalam ke kerelawanan, mereka akan diberikan pemahaman tentang kerelawanan dan tujuan organisasi MRI.

“Harapannya mereka mampu memahami dulu apa itu kerelawanan dan organisasi MRI, sehingga mereka sudah yakin memutuskan bergabung menjadi relawan,” tuturnya Zainal yang juga menjabat sebagai Kepala Cabang ACT Kelsal.

Selain itu, tambahnya Zainal, dengan diberikan pemahaman dan kemampuan tentang kerelawanan tersebut, bisa diterapkan dalam penanganan bencana-bencana bila suatu saat terjadi.